Pengikut

Selasa, 09 November 2010

Semua makhluk hidup terdiri dari sel-sel. Jadi memahami apakah sel itu dan terdiri dari apa saja sangatlah penting dalam biologi.

Sel berukuran agak kecil. Sel berisi potongan-potongan kecil bahkan mungil yang disebut organel yang masing-masing memiliki pekerjaan tertentu yang dilakukan di dalam sel.

Sel adalah sesuatu yang memiliki fungsi untuk melaksanakan - misalnya sel otot memungkinkan otot kita berkontraksi. Apa yang dilakukan oleh sel-sel selalu membutuhkan energi yang diperoleh dari reaksi pembakaran yang disebut respirasi.

Dalam sel, sebagian besar pekerjaan respirasi dilakukan dalam organel kecil yang disebut mitokondria. Mitokondria seperti pembangkit listrik sel, mengaduk-aduk bahan kimia yang disebut ATP, yang dapat digunakan oleh sel ketika membutuhkan energi.

Sel dikelilingi oleh membran yang mengendalikan apa yang masuk atau keluar meninggalkan sel. Sel perlu menahan isi di dalamnya dan menyeleksi apa yang masuk ke dalam. Zat seperti glukosa terus menerus masuk ke dalam sel melalui aksi transportasi protein yang memegangi glukosa dan transportasi ke seberang membran. Air juga bergerak masuk dan keluar dari sel sepanjang waktu melalui pori-pori di membran.

Air merupakan bagian yang sangat penting dari kimia sel karena dapat melarutkan molekul-molekul biologis dan karena itu bertindak sebagai pelarut untuk larutan kimia sel - sitoplasma sel adalah minimal 70% air - pada kenyataannya 70% dari massa keseluruhan tubuh kita adalah air. Air juga mengambil bagian dalam reaksi penting yang membangun dan memecah molekul biologis seperti pati dan protein.

Inti dapat digambarkan sebagai setara sel otak dan memegang instruksi yang memberitahu kepada sel bagaimana untuk melakukan fungsi dan bagaimana membangun strukturnya. Instruksi-instruksi ini adalah gen yang terbuat dari DNA - yang melingkar ke dalam kromosom dan ditemukan dalam nukleus. Sel manusia mengandung 46 kromosom - 23 dari ayah dan 23 dari ibu.

Sel mengkhususkan diri dengan menggunakan seperangkat instruksi tertentu dari DNA. Misalnya sel pankreas akan menggunakan gen yang menginstruksikan bagaimana cara memproduksi insulin karena itu adalah bagian dari fungsinya - sebuah sel hati tidak akan menggunakan gen ini sama sekali - tetapi akan menggunakan gen-gen lain. Sel harus mengkhususkan karena masing-masing memiliki berbagai jenis fungsi kerja.

Semua sel: pada tumbuhan, hewan dan jamur, berbagi peran ciri-ciri umum dari inti, sitoplasma dan membran sel. Tanaman dan jamur juga memiliki dinding sel untuk membentuk kekakuan. Sel tumbuhan memiliki kloroplas yang memungkinkan untuk berfotosintesis dan vakuola besar untuk membantu membawa air ke dalam sel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar